Monday 2 November 2015

Hidayat Nurwahid Ajak IMM Bangun Kesadaran Kolektivitas Majukan Bangsa

Redaksi     21:46    

Hidayat Nurwahid mengisi Seminar Tanwir XXVI IMM
Manado -- Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Hidayat Nurwahid manyambangi Arena Tanwir XXVI Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Balai Diklat Keagamaan Kota Manado, Sulawesi Utara, Sabtu petang lalu, (31/10). 

Kehadiran Hidayat dalam rangka mengisi seminar kebangsaan sebagai rangkaian dari acara Tanwir. Diawali dengan pengantar dari Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Abd Rahman To Manurung selaku moderator, seminar yang mengangkat tema ‘Menumbuhkan kesadaran kolektif menuju Indonesia berkemajuan’, diarahkan untuk meneropong bangsa Indonesia yang dalam pandangan IMM telah melenceng dari kiblatnya, sehingga membutuhkan kolektifitas dalam meluruskannya.

Rahman mengutarakan, bahwa tema luruskan kiblat bangsa IMM sesungguhnya adalah hasil pembacaan dan kajian mendalam IMM terhadap persoalan yang tengah melanda negeri ini. “Sederet masalah mulai dari kepemimpinan yang tanpa arah, asap yang mengepung negeri, ekonomi yang kian berpihak pada kapitalisme, dan masih banyak lagi adalah gambaran dasar negeri ini disaat ini,” bebernya.

Kesempatan pun langsung diberikan kepada Hidayat Nurwahid. Dalam pemaparannya, ia mengaku apresitif dengan tema yang di perjuangan IMM untuk meluruskan kiblat bangsa.

Selanjutnya, ia melanjutkan pembicaraan dengan menunjukkan data yang disadurnya dari harian Koran Kompas tentang survei pemuda dan orientasinya, baik itu dalam konteks politik, pancasila, persatuan bangsa,dan penegakan hukum, yang menurut survei itu secara umum mengalami penurunan. “Yang mengalami peningkatan hanya pada bidang olahraga,” tambanhya.

Ia melanjutkan, bahwa dari data itu pula kesimpulan survei menunjukkan kecenderungan kaum muda Indonesia saat ini adalah kecenderungan individualis. Iapun mengungkapkan kekewatirannya akan hal tersebut. “Ini memicu pada berkembangnya pula narkoba, pergaulan bebas, amoralitas serta meningkatnya kriminilitas di kalangan muda,” tegasnya.

Dari data tersebut, kata Hidayat, menunjukkan bahwa memang banyak hal yang perlu dicermati oleh kalangan muda intelektual khususnya IMM. “Disinilah kesadaran kolektifitas itu perlu ditumbuhkan,” tandasnya.

Terkait gaung IMM, luruskan kiblat bangsa, ia menilai hal itu merupakan bagian dari IMM untuk memajukan Indonesia. (Kasri Riswadi)

0 komentar :

Kementar Facebook

© 2011- | Haba IMM Banda Aceh.
Designed by